Instruktur: 44 Siti Utami atau UUT, IESA Setara, bidang perlindungna anak, penanganan kasus, mengajak sharing bersama, terkait penetapan tujuan. Motivasi tujuan mengikuti program, mengingat kembali 5 smapai 10 hal target, motivasi, cerita pribadi yang melatar belakangi target,
Kesepakatan kelas
- kektifan untuk presentasi
- kalau mau solat, minta izin saja, nanti pas masuk menyapa lagi karena instruktur tidak kenal semua peserta
Tugas 1. Apa tujuan/motivasi/target menjadi PGP, tuliskan 5 sampai 10 poin target.
1. Berpartisipasi dalam memajukan pendidikan dengan cara ikut serta dan terlibat dalam program yang ditawarkan oleh pemerintah.
2. Belajar menjadi bagian dari komunitas pendidik yang bergerak memajukan pendidik
3. Menyumbangkan sebagian dari waktu yang dimiliki untuk berbagi dengan guru lain
4. Memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk terus belajar sekaligus mengajarkan apa yang dipelajari kepada guru lain
5. Menginspirasi setiap insan pendidik bahwa untuk berguna bagi kemajuan pendidikan modalnya cukup dengan siap menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Adakah cerita atau pengalaman pribadi yang melatarbelakangi tujuan tersebut?
Dede Saepudin
Dini Siti A
Berbagi insight, knowledge. Aktif untuk menjadi guru penggerak di berbagai kegiatan.
Herdi Mulyana: ada sesuatu yang berbeda yang biasanya menempatkan guru hanya sebagai ujung tombak, padahal banyak hal yang bisa digali dari guru diantaranya leadership, guru bukan pekerja, padahal dia profesional. Program ini mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara. Guru adalah murod seumur hidup. Bisa menemukan pembelajar mandiri (Gunung Cikurai Garut)
Alasan 5 sampai 10 menunjukkan pentingnya menetapkan tujuan secara umum. Selama sembilan ke depan harus memiliki bekal untuk mendampingi guru penggerak.
Tulis 5 sampai 10 apa yang hal-hal yang harus dipelajari unutk menjadi guru penggerak yang baik.
1. Bagaimana menjadi coaching yang dapat memfasilitasi guru menjadi guru merdeka
2. Bagaimana memberikan pertanyaan yang dapat menggali hal-hal yang telah dilakukan oleh guru, hal yang perlu dipertahan, hal yang harus diperbaiki dan dilaksanakan pada kegiatan mengajar selanjutnya.
3. Bagaimana menjadi teman perjalanan yang dapat berkomunikasi secara dialogis dengan guru sehingga pendamping benar-benar menjadi teman bukannya beban
4. Bagaimana agar guru dapat merancang model pembelajaran, melaksanakannya, dan mendokumentasikannya sehinga dapat dibagikan menjadi praktik baik kepada guru lain
5. Bagaimana mempertahankan kestabilan emosi, ketahahanan berinovasi agar guru yang didampingi tidak menyerah.
Obing: konsep belajar yang berpusat pada anak, cara menggali potensi guru agar bisa mengembangkan diir, bagaimana bisa bekerjasama dengan guru sehingga bisa kolaborasi, bagaimana agar guru bisa mencari solusi dengan coaching dari pendamping, bagaimana agar bisa menajdi partner yang baik dan bisa menyebarluaskan hasil dari kegiatan.
Dadang Mulyana: kemampuan pengelolaan diri dan mengajar, pelajari berbagai hal yang meyangkut pendidikan yang berjalan di luar, mempelajari manajemen perubahan.
Iwan Kamaludin: komunikasi dengan guru yang lebih tua, kemampuan transfer ilmu, cara memberikan masukan atas permasalahan yang dialami GP, sejauh mana pengalaman yang dimiliki dapat dibagi dengan calon GP, menggali potensi guru.
Jajang: tanggapan: mempelajari mengamati fakta sehingga dapat mengkritisi dan mengomunikasikannya kepada GP, sikap yang bijak.
bertemu di modul 6, ada evaluasi 360 derajat evaluasi dari awal sampai akhir.
Sebagai PGP harus memiliki tujuan dan alasan mengapa mengikuti kegitan ini. Nanti bisa saling memotivasi.
Peserta kelas B room 1 |
Hambatan yang dihadapi selama pembekalan adalah tidak stabilnya jaringan internet sehingga beberapa informasi tidak tertangkap karena keluar dari zoom.
Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut
Perasaan saya selama mengikuti kegiatan pembekalan hari kesatu adalah sangat ingin tahu dan tertantang. Saya ingin tahu akan seperti apa program ini dilaksanakan, ingin tahu apa peran saya nanti, apa yang harus saya lakukan. Saya memiliki perasaan tersebut karena saya tidak mengetahui program ini seperti apa. Saya juga merasa tertantang dengan program ini. Kegiatan pembekalan yang dilalkukan selama 9 jam merupakan kuantitas waktu pembekalan yang menuntut ketahanan fisik dan konsenterasi yang luar baisa.
No comments:
Post a Comment