Menurut penjelasan DR. Safari, MA para guru harus meninjau kembali Bagaimana tata cara penilaian Penilaian kini berubah. Perubahan tersebut terdiri dari paling tidak mencakup hal-hal dibawah ini.
Untuk penilaian objektif dikotomus jenisnya bermacam-macam diantaranya: pilihan ganda, drag and drop, benar salah, ya tidak, sesuai tidak sesuai, pilihan ganda kompleks, menjodohkan. Lihat kamus mengacu pada pengisian jawabannya hanya ada satu.
Penilaian non objektif termasuk politomus atau jawabannya bisa banyak. Sebagai contoh adalah uraian, menebalkan, simulasi, Project, produk, kinerja, sikap, karakter atau kuesioner. Jawaban bisa banyak tergantung kepada subjek yang ditanya.
Bentuk yang ketiga adalah gabungan antara politomus dan dikotomus. Contohnya adalah memberikan jawaban kemudian memberikan alasan, memilih jawaban a atau b kemudian memberikan alasan.
Perubahan penilaian ini dianjurkan untuk diketahui oleh para guru sehingga ketika menilai betul-betul menggunakan alat yang bisa menggambarkan kemampuan para siswa. Bukan tidak mungkin karena tidak tahu alat menilainya, maka hasil penilaian tidak menggambarkan kemampuan yang sedang diujikan.
No comments:
Post a Comment